Nissan Surabaya

ANGGA SUHERNO
SALES EXECUTIVE
DEALER NISSAN-DATSUN SURABAYA
BBM: D4AAFA56

Berita

Nissan Sedang Kembangkan Mobil Listrik Murah

Nissan Motor saat ini tengah mengembangkan mobil bertenaga listrik dengan harga murah. Rencananya, mobil tersebut diperuntukkan khusus bagi pasar China, dan akan beredar di Beijing dan Shanghai pada awal tahun fiskal 2018. Hal itu disampaikan langsung oleh CEO Nissan, Hiroto Saikawa, belum lama ini.

Ide Nissan adalah ingin merancang mobil kompak di segmen kelas A yang diperuntukkan bagi warga perkotaan. Kapasitas baterai dan daya jangkaunya sangat pendek sehingga hanya bisa digunakan di dalam kota.

Nissan berharap mobil listrik murah tersebut dibanderol dengan harga sekira 1,5 juta yen atau setara dengan Rp176 juta. Bila benar, artinya harga tersebut setengah dari banderol hatchback Leaf.

Untuk menjaga agar biaya pengembangannya murah, mobil listrik baru itu akan dibangun menggunakan platform bersama milik aliansi Nissan-Renault dan Mitsubishi. Produsen mobil Prancis, Renault, juga berencana membuat mobil listrik menggunakan platform yang sudah ada untuk membangun Kwid versi listrik bagi China pada 2019.

Selain penggunaan platform, Nissan akan memproduksinya di China bersama mitra lokal, Dongfeng Motor Group. Hal itu dilakukan untuk memotong biaya produksi. Demikian seperti dilansir Nikkei.

Tidak hanya itu, Nissan terbantu dengan adanya subsidi mobil listrik dari pemerintah China. Pada 2019, Pemerintah China mengharuskan setiap produsen untuk memproduksi mobil listrik.

Nissan pernah meluncurkan Venucia e30, versi terbaru dari Leaf yang dibangun secara eksklusif untuk pasar China pada 2014. Setelah itu, beberapa produsen mobil Jepang secara perlahan-lahan mulai ikut memasuki pasar mobil listrik China.

Selain Nissan, ada juga produsen lain yang tengah mempersiapkan diri untuk memulai produksi mobil listrik di sana. Di antaranya Volvo, Volkswagen, Mercedes Benz, Tesla, dan lainnya